Friday 2 September 2016

PELUANG LOLOS CPNS UNDANGAN DENGAN MODAL CUMLAUDE

BAB I
PENDAHULUAN

      Latar Belakang
Di era modern ini persaingan kerja guna mewujudkan masa depan cerah adalah impian setiap orang, kehidupan yang mapan dengan tercukupinya setiap kebutuhan adalah sesuatu yang dianggap pokok sebagai sebuah standar hidup yang harus dimiliki masing-masing orang, tak terkecuali kita. Atas dasar itulah, banyak orang yang berlomba-lomba mencari pekerjaan yang dapat mencukupi hal-hal tersebut. Menjadi CPNS salah satunya, banyak orang yang masih beranggapan bahwa menjadi CPNS sudah pasti akan memiliki masa depan yang lebih baik bahkan ada yang menjadi simbol status mereka di masyarakat. Tak heran ketika jumlah pelamar tidak sebanding dengan lowongan yang tersedia.persaingan yang sangat ketat pun sudah dipastikan tidak dapat dihindari, hanya yang memiliki persiapan yang matang baik itu kesiapan mental (psikologis) dan fisik saja yang dapat dipastikan lolos tes CPNS. Kesiapan inilah yang akhirnya harus kita bangun sejak awal agar nantinya kita tidak mengalami kesulitan ketika berhadapan dengan soal soal yang harus diselesaikan. Apalagi kebijakan kemenpan yang memberikan jalur khusus untuk direkrut menjadi pegawai negeri sipil”. Menurutnya mahasiswa dengan hasil belajar baik pantas untuk menjadi bagian dari aparatur negara, haram hukumnya jika hanya disia-siakan. Mereka diberikan fasilitas untuk menjadi pegawai negeri sipil tanpa melalui tes CPNS yang biasanya diadakan namun mereka melalui jalur khusus. Sebenarnya tes tersebut hanya untuk formalitas saja, semacam melengkapi syarat-syarat administratif dan wawancara. Namun hanya mahasiswa lulusan universitas ternama-lah yang memiliki kesempatan tersebut.



Urgentsi
Untuk Meningkatkan kualitas CPNS di negara Indonesia ini baik dari segi pelayanan maupun pemberdayaan masyarakat
Rumusan masalah
1.      Mengapa CPNS menjadi profesi yang paling diminati masyarakat indonesia?
2.      Apa faktor pendorong dan penghambat lulus cumlaude?
3.      Bagaimana cara agar bisa lulus cumlaude

Tujuan
·         Untuk mengetahui mengapa CPNS menjadi profesi yang paling diminati masyarakat Indonesia.
·         Untuk mengetahui apakah faktor pendorong dan penghambat mahasiswa lulus cumlaude.
·         Untuk mengetahui cara  supaya bisa lulus cumlaude dan diterima menjadi
CPNS.











BAB II
PEMBAHASAN

A. CPNS menjadi profesi yang paling diminati masyarakat
Kita tahu bahwa profesi sebagai CPNS telah menjadi primadona dan pilihan utama oleh banyak orang. Bahkan anak-anak kecil yang masih belum tau apapun juga banyak yang bercita-cita menjadi CPNS.
CPNS dianggap sebagai pekerjaan yang sangat menjanjikan untuk masa depan. Adapun beberapa alasan mengapa banyak orang ingin menjadi CPNS berikut ini mungkin bisa anda pertimbangkan.
1. Tidak ada PHK
Sudah jelas bahwa menjadi Pegawai Negeri Sipil berarti anda akan bebas dari PHK. Nampaknya alasan ini menjadi alasan bagi banyak orang dibandingkan bekerja di sektor swasta yang sangat beresiko. Pekerjaan sebagai PNS memungkinkan anda untuk bekerja dengan nyaman tanpa ada perasaan was-was akan dipecat kecuali jika anda melanggar hukum.
2. Tidak ada target
Bekerja sebagai PNS dianggap oleh banyak orang sebagai pekerjaan yang sangat santai karena tidak ada target yang dibebankan. Coba bandingkan dengan bekerja di sektor perbankan dimana anda akan ditargetkan ini dan itu selama dalam kurun waktu tertentu dan tentunya akan membuat anda merasa tertekan.
3. Jaminan hidup di hari tua
Bisa dibilang ini adalah alasan utama yang menjadi primadona bagi orang-orang yang ingin menjadi PNS. Banyak ornag yang tidak ingin kehidupan di hari tuanya nanti akan mengalami kesulitan sehingga PNS menjadi pilihan terbaik. Dan hal yang paling menarik adalah bahwa hal ini telah menjadi hal yang sangat umum sehingga anak SD pun tahu itu.
4. Banyak kemudahan
Harus diakui, PNS akan mengalami banyak kemudahan dalam hidupnya, terutama dalam hal cicil-menyicil ataupun melakukan kredit. Profesi PNS lebih dipercaya oleh banyak pihak sehubungan dengan urusan di atas.
5. Mengabdikan diri pada negara
Banyak juga orang yang memilih untuk menjadi PNS dengan tujuan untuk mengabdikan diri pada negara. Ingin merubah keadaan dan merubah sistem yang sudah carut marut menjadikan beberapa orang berjuang untuk meraih posisi sebagai PNS. Hanya saja niat tulus ini tidak dibarengi dengan pendapatan yang baik bagi para Pegawai Negeri Sipil.
6. Menjadi kebanggan tersendiri  
Sejak zaman batu, profesi PNS telah menjadi hal yang sangat membenggakan bagi banyak orang. Bukan hanya pribadi saja, tetapi juga keluarga, terutama orang tua, adik, kakak, bahkan sampai kakek nenek dan keluarga jauhpun akan merasa bangga jika salah satu anggota keluarganya menjadi PNS. Apa lagi PNS itu di lingkungan kementrian.
7. Membuka kesempatan belajar ke luar negeri
Dengan berprofesi sebagai PNS seseorang membuka kesempatan yang sangat besar untuk bisa meraih beasiswa dan melanjutkan pendidikan di luar negeri.
8. Memperoleh Gaji Pasti dan Tinggi
Mendapatkan Gaji Pokok yang cukup tinggi disesuikan dengan masa kerja dan golongan, mendapatkan tunjangan tambahan, seperti contoh sekarang ini yang di alami oleh para guru yakni mendapatkan tunjangan profesi (Sertifikasi)
9. Mendapatkan Gaji Lebih Awal
Berprofesi sebagai pegawai negeri sipil, meliki kelebihan khusus yang diberikan hak mendapatkan gaji lebih awal. Walaupun dalam keadaan tidak masuk kerja (Berhalangan, sakit) gaji tetap di bayarkan.
10. Jaminan Kesehatan
Kesehatan terjamin  dalam artian jika seorang pegawai mengalami gangguan kesehatan, maka di berikan pelayanan khusus oleh pihak rumah sakit, karena adanya jaminan kesehatan.
11.Jarang PHK
Sangat jarang sekali kita mendengar ada seorang pegawai negeri sipil di mendapatkan pemutusan hubungan kerja, terkecuali jika melakukan kesalahan besar yang tidak dapat di tolelir lagi.

Setelah kita tahu bagaimana keuntungan menjadi CPNS. Maka yang harus dilakukan sekarang adalah bagaimana cara masuk CPNS lewat jalur undangan? Kita tahu bahwa salah satu modalnya adalah lulus cumlaude. Banyak orang yang sangat ingin masuk CPNS lewat jalur undangan, karena tidak perlu belajar dan hanya melengkapi syarat administrative saja langsung menjadi PNS. Tetapi dengan modal cumlaude yang “sangat susah” untuk dicapai maka akan melahirkan tantangan sendiri bagi orang tersebut. Tetapi jika kita tahu kiat-kiat menjadi lulusan cumlaude maka gelar cumlaude akan mudah untuk dicapai. Untuk itu Saya akan mencoba untuk menganalisis SWOT yang ada pada diri saya mulai dari sekarang hingga 5 tahun yang akan datang. Apa saja potensi yang bisa berpengaruh   pada   karir   serta   hambatan-hambatan  yang   ada   ke   depan  agar   saya   bisa mempersiapkan diri lebih baik. Tujuan utama saya dalam 3 hingga 4 tahun ke depan adalah lulus kuliah dengan nilai cumlaude. Dengan nilai cumlaude dan lulus tepat waktu saya berharap dapat dengan mudah mendapatkan pekerjaan yang sesuai potensi dan tentunya sesuai dengan harapan serta cita-cita saya.
B. Analisis SWOT  Pribadi Saya Terkait ( Lulus Kuliah Tepat Waktu ):
1.      Strenght      yaitu Situasi/kondisi yang merupakan kekuatan seseorang, organisasi/perusahaan maupun sebuah program saat ini yang berperan/berpengaruh positif di masa yang akan datang.
·         Memiliki semangat yang tinggi
·         Memiliki mental pantang menyerah
·         Memiliki jiwa bisnis (entrepeneur) yang tinggi
·         Memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik
·         Bertanggung jawab pada diri sendiri
·         IPK ≥ 3,5
·         Good looking
·         Memiliki atittude yang baik
2. Weakness yaitu Situasi/kondisi yang merupakan kelemahan seseorang, organisasi/perusahaan maupun sebuah program saat ini yang bisa berpengaruh negatif di masa yang akan datang.
·         Lemah dalam mengatur keuangan (boros)
·         Malas
·         Lemah dalam bahasa Inggris
·         Tidak suka membaca
·         Susah mengatur waktu dengan baik
·         Sering tidak Percaya Diri
·         Ceroboh
·         Pelupa
3. Opportunity yaitu Situasi/kondisi peluang atau kesempatan yang       berkembang di masa datang yang terjadi di luar diri sendiri, organisasi, atau sebuah program.
·         Mengikuti organisasi yang bisa membangun softskill
·         Banyak belajar otodidak untuk menambah pengetahuan
·         Memiliki teman - teman yang baik dengan berbagai macam skill
  4. Threat yaitu Situasi/ kondisi yang merupakan ancaman atau hambatan yang   dapat mengancam eksistensi seseorang, organisasi atau sebuah program di masa datang.
·         Banyak orang (kompetitor) yang memiliki skill diatas saya
·         Deadline untuk lulus kuliah cepat (maksimal 4 tahun)
·         Banyak tugas kuliah yang saya rasa sulit
·         Lapangan pekerjaan yang sesuai harapan makin sedikit
·         Bingung memilih pekerjaan yang tepat
Setelah saya menganalisis SWOT yang ada dalam diri saya, langkah yang harus saya lakukan yaitu menyusun strategi untuk bisa diimplementasikan mulai sekarang hingga 5 tahun ke depan.
·    

Strategi 1 tahun ke depan  :
·         Fokus kuliah, mengejar target IPK minimal 3.5
·         Mengerjakan tugas-tugas kuliah sebaik mungkin
·         Melatih kemandirian dengan berbisnis kecil-kecilan
·         Dapat membagi waktu dengan baik antara bermain game dengan kuliah
·         Lebih banyak melatih jiwa sosialisasi     
Strategi 2-3 tahun ke depan :
·         Fokus kuliah, mengejar IPK cumlaude
·         Lulus kuliah tepat waktu
·         Memperbanyak relasi dalam berbagai hal
·         Memperbesar bisnis
·         Banyak melakukan kegiatan-kegiatan yang positif
·         Disiplin waktu
·         Bertanggung jawab
Strategi 4-5 tahun ke depan :
·         Lulus kuliah dengan IPK cumlaude
·         Mendapatkan pekerjaan yang mapan
·         Memiliki kehidupan yang mapan
·         Memiliki berbagai macam usaha (kuliner,wedding organizer,butik dll)

Harapan saya setelah menganalisis SWOT yang ada dalam diri saya dan membuat strategi hingga 5 taun ke depan, kehidupan saya mulai sekarang dan seterusnya bisa tertata dan selalu menjaga komitmen terhadap apa yang sudah saya susun dengan memanfaatkan segala potensi yang ada dalam diri saya. Dan tentunya dengan berbagai hambatan yang ada, saya harus bisa melewati semua untuk menuju kesuksesan dalam karir kelak.




C. Faktor Pendorong Agar Bisa Lulus Cumlaude

1. Tetapkan Visi Hidup
Ini sangat penting karena tiap-tiap dari kita pasti memiliki tujuan yang berbeda dan tentunya visi yang akan mengarahkan hidup kamu. Pasti kita ingin  sesuatu dari hidup ini bukan?? Semisal ada yang kepengen bahagiakan orang tuanya, atau ingin punya rumah sendiri atau ingin punya perusahaan dan lain-lain. Itu semua pasti ada dibenak kita. Dengan menetapkan visi atau tujuan hidup ini akan membuat kita merasa optimis menjalani hari demi hari. Jika  sudah begitu, tantangan seberat apapun akan kita lakukan selagi itu menunjang visi. Misalnya, temen kita mengajak pergi jalan-jalan padahal saat itu kita mestinya harus belajar. Padahal kita ingin ikut dengannya, tapi kita mengorbankan itu untuk belajar agar visi kamu tercapai.
2. Harus  Fokus
Dengan fokus pekerjaan apapun dapat diatasi dengan baik, Salah satu upaya meningkatkan fokus kita adalah dengan cara membuat perkumpulan teman-teman yang ingin belajar atau sama-sama memiliki minat untuk sukses atau bisa juga membuat komunitas yang berkaitan dengan dunia bidang kuliah kita. dengan begitu kita akan terasah intuisinya, jadi kita seakan punya program jangka pendek buat meningkatkan motivasi kita demi cita-cita yang kita idam-idamkan itu.
3. Manajemen Waktu
Setelah kamu upayakan untuk fokus, faktor yang satu ini tak kalah pentingnya Manajemen waktu adalah hal yang sangat penting bagi kita. Apalagi bagi kita yang punya segudang kesibukan dan sulit mengelola waktu antara kuliah dan organisasi. Mengelola waktu dengan baik akan membuat tugas atau pekerjaan kita dapat berjalan dan terkontrol loh. Caranya mengelola waktu secara efektif antara lain  Menyusun jadwal agar tidak saling tumpang tindih. Membagi beberapa prioritas, yang pertama, prioritas utama, yang kedua prioritas penting, yang ketiga prioritas hobi. Prioritas utama misalnya belajar, dapet ipk cumlaude, ngerjain tugas kuliah, cepat lulus kuliah. Lalu prioritas kedua biasanya berupa pendukung prioritas utama seperti kursus ato privat, bangun network, dan organisasi atau pengembangan diri (self development), dan untuk prioritas hobi seperti membaca novel yang menarik, chatting, design grafis, main game atau travelling sama teman organisasi. Yang penting dalam mengelola waktu adalah bagaimana kita bisa tetap komitmen sama jadwal yang sudah dibuat. Artinya, kapan harus belajar, main, organisasi juga. Itu semua hanya bisa berjalan hanya dengan kemampuan mengelola diri dengan baik.
4. Punya Motivasi Achievement Oriented
Setelah punya visi yang tinggi, lalu adanya fokus pada visi dan dilakukan sistem manajemen waktu yang efektif dan baik telah cukup bagi kita untuk dapet IPK tinggi. Tapi ada satu hal yang sangat dianjurkan jika kita harus punya yang namanya motivasi achievement oriented. Achievement oriented adalah motivasi yang selalu mengutamakan prestasi. Hidup ini harus penuh dengan berbagai prestasi hidup. Ada pepatah yang mengatakan bahwa hari ini harus lebih baik dari hari kemarin dan hari esok haruslah lebih baik dari sekarang. Hal ini menyiratkan bahwa kita mesti belajar untuk lebih baik dari hari ke hari. Konsekuensinya adalah membuahkan prestasi. Apapun itu prestasinya yang jelas membawa perubahan yang lebih baik di masa mendatang. Di mana pun jika kita menerapkan motivasi seperti ini jalan kemudahan akan terus terbuka bagi kita.
5. Review Materi Kuliah
Tugas mahasiswa bukan sekadar datang untuk kuliah. Tapi, kita juga harus memahami materi yang diberikan dosen. Supaya kita memperoleh nilai yang bagus saat ujian, tentu yang dilakukan adalah belajar. Review kembali materi kuliah yang diajarkan secara rutin sehingga kita enggak sistem kebut semalam saat ujian tiba.
6. Dekat Dengan Dosen
Mahasiswa yang ingin lulus cumlaude biasanya identik dekat dengan dosen. Sebab, dosen akan memercayakan beberapa tugas atau tanggung jawab kepada kita. Dekat dengan dosen memang banyak manfaatnya. Salah satunya, kita akan mendapat berbagai informasi dan mudah mendapat rekomendasi jika dibutuhkan.

7. Asah Skill
Mahasiswa yang ingin lulus cumluade tidak cuma pintar di kelas. kita harus mengombinasikan hard skill dan soft skill. Contoh mengikuti kursus atau pelatihan yang  kita sukai untuk menunjang karier di masa mendatang.

8. Jalin Jaringan Yang Luas
Berprestasi tapi enggak punya banyak teman tentu percuma. Bangun jaringan dengan memperluas pergaulan. Jangan jadi mahasiswa kuper atau antisosial.

9. Berorganisasi
Menyeimbangkan kuliah dan berorganisasi memang tak mudah. Jika tak cerdik membagi waktu, alhasil nilai jadi jeblok. Oleh karena itu, pilih organisasi atau UKM yang sesuai hobi dan passion. Sebab, berorganiasi akan memberikan banyak pengalaman yang enggak kamu dapat saat berada dalam kelas kuliah.
10. Menerima masukan
Jangan merasa benar sendiri karena berprestasi. Manusia tak luput dengan salah. Lagi pula, kita hidup dalam lingkungan masyarakat, sehingga harus mau menerima masukan dari orang lain. Jadikan kritik sebagai bahan introspeksi diri supaya bisa lebih baik lagi ke depan.
D. Faktor Penghambat Lulus Cumlaude
Banyak mahasiswa yang ingin lulus cumlaude namun hal itu tidak tercapai karena disebabkan oleh beberapa faktor antara lain:
1. Tidak memiliki motivasi belajar
Diantara kiat kesuksesan belajar, saya lebih menfokuskan ke motivasi. Motivasi adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan ini. Orang sukses selalu mencari motivasi sedangkan orang gagal menunggu motivasi. Motivasi ibarat bahan bakar pada mobil yang sangat vital keberadaaannya.
2. Tidak memiliki alasan mengapa harus cumlaude
Banyak mahasiswa yang tidak tahu alasan kenapa mereka harus lulus cumlaude, mereka melihat bahwa baik lulusan cumlaude dan tidak cumlaude itu hanya beda di IPK saja. Dan mereka menganggap gelar cumlaude itu hanya untuk gengsi dan pamer saja. Terlebih mereka beranggapan bahwa cumlaude itu tidak penting melainkan kemampuan softskill dan hardskill itu yang terpenting.
3. Hanya memiliki strategi, tapi tidak bisa mengeksekusinya.
Banyak mahasiswa yang membuat strategi bagi masa depanya tetapi mereka tidak konsisten dalam mengeksekusinya atau melakukanya. Mereka cenderung melupakan strategi yang telah mereka susun hanya karena apa yang mereka miliki sekarang
E. Solusi Agar Bisa Lulus Cumlaude
1.      Cari Motivasi
Carilah sumber motivasi yang bisa memberikan anda motivasi yang luar biasa dalam menggapai impian kita seperti:
a.       Orang yang kita cintai
Siapakah orang yang kita cintai? Pastinya banyak, misalnya orang tua kita, keluarga kita, pacar kita ataupun sahabat anda.
b.      Seminar, Buku dan Video Motivasi
Kita bisa mencari buku-buku di perpusatakaan atau di gramedia, ataupun mendownloadnya di internet. Kita juga bisa membeli video motivasi ataupun film  motivasi yang bisa memberikan anda semangat seperti laskar pelangi, sang pemimpi, dan lain-lain

2.      Sudah Memikirkan Tugas Akhir atau Skripsi dari Semester 4 atau 5
Rata-rata mahasiswa yang lulus cepat,sudah mengetahui judul skripsi atau tugas akhir apa yang mau digarap. Minimal tau “Tema” apa yang mau dibahas. Ini memudahkan kita saat melakukan konsultasi dengan dosen pembimbing. Jangan dateng ke dosen pembimbing tanpa tau apa yang mau kita bahas. Iya kalau dosennya baik hati dan mau membantu memikirkan apa judul kita, kalau tidak bagaimana.

3.      Mencari Literatur Sebanyak Mungkin
Setelah kita memikirkan Tugas Akhir atau Skripsi yang akan dibahas, kita mempersiapkan Literatur seperti Buku, Jurnal Nasional dan Internasional, dan lain-lain. Penelitian-penelitian yang pernah membahas Skripsi atau Tugas Akhir kita, dan lainnya. Ini akan sangat membantu ketika kita akan mulai menggarap skripsi atau tugas akhir kita.

4.      Paham Apa yang Harus Dipersiapkan dan Dikerjakan
Kita harus paham apa saja yang harus kita persiapkan sebelum memulai skripsi atau tugas akhir seperti syarat-syarat administratif yang harus dilengkapi. Ini harus diperhatikan karena berhubungan dengan fakultas atau jurusan tempat mahasiswa kuliah. Menegetahui format penulisan skripsi, penulisan nomor dan lain-lain. Jadi harus tahu pedoman penyusunan skripsi atau tugas akhir kita sesuai dengan fakultas/universitas tempat  kita kuliah.

5.      Konsultasi yang Intens
Buat  mahasiswa yang dapet dosen pembimbing yang sulit ditemui, mungkin ini tidak berarti, tapi buat mahasiswa yang dapet dosen yang mudah ditemui akan sangat berarti guna menunjang tugas akhir atau skripsi  kita.



6.      Tidak Mudah Putus Asa
Dalam menyusun skripsi, banyak banget godaan, halangan, rintangan dan apapun yang dapat menghambat skripsi kita. Contoh, dosen yang susah ditemui, dosen yang banyak mau, literatur yang sulit didapat atau udah nulis banyak-banyak tapi ditolak/dicoret mentah-mentah.Rasanya memang bener-bener dosen itu orang paling tega tetapi kita jangan putus asa dan menyerah.
7.      Rajin Ibadah dan Sedekah                                          
Kalau rajin ibadah, pasti semua urusan lancar. Jadi buat kita yang masih kurang rajin ibadah, rajin-rajinlah beribadah. Sedekah juga jangan ditinggal. Semua berjalan lancar dan dipermudah oleh Tuhan. Mulailah  giat beribadah dan selalu bersedekah.“Sesungguhnya di balik kesulitan itu ada kemudahan”

Jadi dengan menerapkan cara diatas besar kemungkinan kita dapat lulus cumlaude dan dapat diterima menjadi CPNS, tetapi semua itu tergantung kita sendiri apakah bisa menerapkan cara dan strategi diatas dengan baik atau tidak.
















BAB III
PENUTUP

Kesimpulan
Saya Bisa Lulus Cumlaude Karena Saya Melakukan:
·         Be Positive Thinking
“We Are What We Think” kita adalah seperti yang kita pikirkan. Kalau kita berpikir kita bisa, kita akan benar-benar bisa. Ketika kita berpikir kita pintar, kita akan sungguh-sungguh pintar. Kita tidak akan menjadi bodoh hanya karena orang lain bilang kita bodoh. Kita hanya akan menjadi bodoh jika kita bilang diri kita itu bodoh. Kunci yang harus kita pegang adalah, “Berpikir positif mulai dari diri sendiri”. Selalulah berpikir kalo kita pintar, bahwa kita akan sukses mendapat nilai baik dalam tes, bahwa kita adalah sang juara yang memiliki kemampuan luar biasa!
·         Strong Motivation
Ada banyak orang yang mempunyai motivasi dan beraneka ragam, contohnya: orang tua. Ingin balas budi ortu, bikin ortu bangga. Pacar. Ingin dilirik cewek/cowok di kelas, ingin dipuji pacar atau ingin bikin pacar bangga. Pembuktian kepada diri sendiri. Buktikan kepada diri sendiri kalo kita emang mampu. Pembuktian kepada orang lain. Tidak mau dianggap remeh oleh orang lain. Mengejar masa depan yang baik, dan masih banyak lainnya.
·         Ready To Change
Menurut kamu apa bedanya pemenang dengan pecundang? Apa bedanya kita dengan taufik hidayat, atlet bulutangkis peraih emas olimpiade? Coba deh.. Ketika kita disuruh keliling lapangan bola siang bolong, dalam satu putaran saja udah nyerah. Sementara taufik masih semangat di putaran ke lima. “sudah biasa” katanya. Jadi, dimana bedanya? Kebiasaan. Jangan berharap kita bisa menjadi seorang pemenang kalo kita masih memiliki kebiasaan seorang pecundang. Untuk menjadi sarjana cum laude bukan berarti harus menghabiskan waktu untuk belajar, sampe gak ada waktu untuk hang-out sama temen. Intinya, kita harus bisa menyeimbangkan keduanya. Kita bisa tetap melakukan hal kamu suka sambil menanamkan ‘kebiasaan pemenang’.
·         Disiplin, Komitmen, Dan Konsisten
“Kita adalah orang yang selalu berikir positif, kita punya motivasi kuat untuk sukses study untuk membahagiakan ortu, saya juga sudah siap mental untuk berubah, tapi kenapa nilai kita belum ada peningkatan?”
Sekarang kita tanya, apa kita punya komitmen tinggi untuk berjuang mencapai sukses study, dan disiplin serta konsisten melakukannya? Kalo ‘belum’ disutulah masalahnya. Kesuksesan harus diperjuangkan, dan dalam perjuangan tersebut butuh komitmen yang terwujud nyata dalam bentuk kedisiplinan dan konsisten. Mau cum laude, mesti disiplin.
·         Do Our Best, and Let God Do The Rest
“Kita sudah setengah mati mempraktikan, tapi kok masih gagal?” Nobody’s perfect. Kegagalan itu wajar. Belajar merupakan sebuah proses. Kegagalan hanyalah salah satu bagian dari proses tesebut. Belum tiba waktunya untuk hasil akhir yang sesungguhnya. Dan, pemenang yang sesungguhnya adalah mereka yang bangkit dari kegagalan. Yang penting kita sudah mengusahakan proses belajar dengan cara terbaik yang kita bisa. Kita harus melakukan dan berusaha yang terbaik lalu biarkan tuhan yang menyelesaikannya. Jadi kita bisa mengerjakan bagian kita dan biarkan tuhan bekerja dalam diri kita.

Saran
Sebaiknya kebijakan untuk menerima CPNS dengan modal cumlaude harus dikaji lagi. Kita tahu banyak sekali guru di Indonesia ini yang bertahun-tahun bekerja namun masih menjadi pegawai honorer. Dilain pihak, khususnya mahasiswa lulusan PTS (Perguruan Tinggi Swasta) merasa pemerintah mulai diskriminasi karena menurutnya tak semua mahasiswa perguruan tinggi negeri itu orang yang pintar dan berkompeten. Apalagi di zaman sekarang ini IPK bisa dibeli bukan murni karena kemampuan mahasiswa. Pintar secara kognitif belum tentu pintar secara spiritual ,kecerdasan tanpa moral yang baik juga tidak ada artinya bukan. Ada yang kontra, pasti ada juga yang pro dengan gagasan pemerintah. Apabila direkrutnya mahasiswa- mahasiswa berprestasi dengan catatan lulusan dari perguruan tinggi negeri ternama maka secara tidak langsung pegawai negeri yang kita miliki adalah sumber daya manusia yang berpotensi. Sehingga penerus pemerintah adalah penerus pilihan yang berkualitas. Jika kebijakan ini terlaksana berati pemerintah ikut mengapresiasi mahasiswa berprestasi.


Daftar Pustaka
Kartikasari. Fani. 2008. Ingin Cumlaude Harus Smart. Jakarta: Elex Media Komputindo



No comments:

Post a Comment